Monday 30 May 2016

Menghitung Konversi Panel Surya dengan Biaya Minimalis

Panel Surya, Listrik Tenaga Matahari dengan biaya minimalis, Panel surya dengan harga termurah, Listrik Panel Surya untuk rumah tangga dengan harga paling murah berkualitas. Kalkulator Panel Surya. www.gudanglampusurya.com

Mungkin anda sudah membaca artikel merancang konversi kebutuhan listrik sehari-hari dengan menggunakan tenaga surya. Sangat mahal bukan?? namun hal ini dapat diminimalisir karena sebenarnya investasi listrik tenaga surya ini bisa dilakukan dengan bertahap. Misalnya pada bulan ini anda ingin mensuplai kebutuhan listrik penerangan rumah saja. Nah.. pada bulan-bulan berikutnya anda dapat menyicil kebutuhan listrik rumah anda secara bertahap seperti tambah daya untuk laptop, TV LED, atau penanak nasi anda.

Banyak faktor ideal yang bisa anda lewatkan sementara. Namun sekali lagi pilihan di tangan anda, ingin investasi besar di depan atau secara bertahap. Gimana caranya? Ayo ikuti tutorial "Membuat Anggaran Konversi Listrik Matahari Ekonomis" berikut ini :

1. Kalkulasikan kebutuhan listrik anda.
Seperti tadi yang saya sampaikan diatas tentukan terlebih dahulu kebutuhan listrik anda yang urgensinya saat terjadi pemadaman listrik. Jika anda memilih lampu maka pilihan anda sudah tepat, tinggal tambahkan lagi kebutuhan listrik yang memiliki daya kecil lainnya seperti mengecas HP atau laptop. Buatlah tabel seperti berikut :

No Nama Perangkat Jumlah Daya (watt) Lama Menyala (Jam) Total Daya per-Jam
1 Lampu LED 5 9 12 540
2 Kipas Angin 1 45 8 360
3 Cas HP 1 24 4 96
4 Laptop 1 65 4 260
5
Total Kebutuhan daya (Watt) 1256


Dari tabel diatas maka akan didapatkan daya kebutuhan harian anda adalah sebanyak 1.256 Watt. Besarnya kebutuhan ini tergantung pola pemakaian dan daya setiap perangkat berbeda-beda.
Dari angka tersebut masukan faktor daya otonom, maksudnya agar pada saat instalasi listrik panel surya terpasang maka anda dapat cadangan daya setidaknya selama 2 hari. Selain memperpanjang umur baterai / Aki. Faktor ini juga membantu anda dalam pengembangan investasi selanjutnya.

2. Kalkulasikan kapasitas daya baterai / Aki (www.gudanglampusurya.com)
Gunakan aki jenis VRLA AGM atau GEL. Minimal gunakan aki jenis MF. Kenapa? karena aki basah memiliki daya tahan terlemah jika digunakan dalam sistem listrik tenaga surya. Ada beberapa anggapan bahwa aki basah memiliki usia terpanjang dibanding jenis aki lainnya. Namun anggapan ini dikeluarkan oleh mekanik profesional, pakar enginering atau bengkel aki. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah. Karena aki basah jika dirawat dengan benar maka usianya bisa mencapai hingga 10 tahun. Tentunya dengan perawatan rutin seperti :
1. Mengecek ketinggian air aki
2. Mengganti air aki secara rutin
3. Selalu membuka tutup air aki saat pengecasan dan menutupnya kembali jika selesai
4. Membersikan kepala aki dari residu uap air aki yang korosif
5. Mengganti elemen aki jika terjadi kerusakan.
Nah, apakah anda pengguna awam rumahan bisa dan sempat melakukan hal-hal tersebut. Saya tidak merekomendasikannya apalagi banyak anggota keluarga lain di rumah yang tidak begitu paham akan hal-hal ini. Saya sangat menyarankan anda untuk menggunakan aki bebas perawatan atau jika anda punya dana berlebih gunakan aki tipe VRLA AGM, sudah banyak merk yang beredar dipasaran yang menawarkan harga miring namun kualitasnya cukup bisa dipertimbangkan. (www.gudangpanelsurya.com)
Balik lagi kepada kebutuhan aki. Satuan voltase aki pada umumnya 12 Volt DC. Dan dipasaran tersedia aneka pilihan aki dengan menunjukan kapasitasnya ditandai dengan besaran arus (A(Ampere)). Dalam pelajaran IPA SD diajarkan bahwa daya listrik (Watt) didapat dari VOLT(Tegangan) x AMPERE(Arus).
Dari situ maka kita dapat menyimpulkan bahwa aki dengan spesifikasi 12 V 50 A dapat menghasilkan daya sebesar
12 V x 50 A = 600 Watt 

Maka untuk memenuhi kebutuhan listrik daya terpasang, anda membutuhkan aki sebanyak :
1.256 Watt : 600 Watt = 2 unit Aki

3. Kalkulasikan kebutuhan Panel Surya (www.gudanglampusurya.com)
Satuan panel surya ditandai dengan WP (Watt Peak). Maksudnya Puncak Daya yang dihasilkan dalam pengecasan optimal dengan curah matahari maksimal jam 11:00 s/d 15:00 waktu setempat, berarti sekitar 4 Jam pengisian optimal. Saya asumsikan demikian karena kita tinggal di khatulistiwa. Yang membedakan mungkinj cuaca di dataran tinggi atau dataran rendah saja. Satuan panel surya ini berkisar antara 25 WP, 50 WP, 100 WP dan seterusnya. Semakin besar WP nya semakin besar dimensi panel suryanya. Contoh panel surya 100 WP memiliki ukuran 1200 x 550 mm dengan ketebalan 38 mm.
Silahkan rancang lokasi pemasangannya.

Berdasarkan angka yang didapat dalam menghitung jumlah aki yang harus di isi dayanya oleh panel surya maka kita dapat menghitung sebagai berikut jika kita akan menggunakan panel surya ukuran 100 WP :

Besar WP x Pengecasan Optimal = Daya pengisian selama 1 hari
100 WP x 4 Jam = 400 W
Kapasitas total baterai : Daya pengisian selama 1 hari = Jml Panel Surya
600 W x 2 unit = 1200 Watt
1200 W : 400 W = 3 unit panel surya kapasitas 100 WP

Harga per WP panel surya bervariatif sekitar Rp.13.000 s/d  Rp.24.000 per WP.
Kami menjual produk non TKDN merk GH Solar dari China dengan harga kisaran Rp.13.000 an per WP. Semakin banyak pengambilan semakin murah. Juga tersedia panel surya dengan TKDN hingga 50% untuk kebutuhan tender dan pengadaan sesuai spesifikasi permintaan konsumen.

4. Kalkulasikan kebutuhan aksesoris instalasi lainnya (www.gudanglampusurya.com)
Selanjutnya anda tinggal menambahkan kebutuhan panel surya lainnya. Seperti kabel instalasi, inverter, kontroller dan lainnya.

Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan anda salah persepsi dalam menyimpulkan angka diatas. Seolah-olah anda kini punya pembangkit listrik dengan daya 1.200 Watt. Dan anda memakai daya diatas untuk menghidupkan aneka perabot listrik yang lain. Bisa saja namun mungin hanya bertahan 1 jam kurang. Untuk lebih akuratnya coba anda teliti tagihan listrik anda selama 3 bulan terakhir, cari angka pemakaian dayanya. Dari situ dapat diketahui seberapa banyak kebutuhan listrik bulanan anda sebenarnya.

Panel surya merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan. Dengan harga yang relatif tinggi pada tahun 2009, BEP panel surya mungkin bisa mencapai 10 tahun. Namun dengan persaingan yang ketat dan teknologi yang terus berkembang yang menghasilkan perangkat-perangkat yang murah, maka jika anda berinvestasi sekarang mungkin tidak sampai 4 tahun anda sudah bisa menikmati listrik gratis selama hingga 20 tahun kedepannya. Perawatan hanya pada penggantian aki setiap 5 tahun sekali (VRLA AGM/GEL). 

Silahkan konsultasikan kebutuhan panel surya anda. Kami siap membantu anda. Terima Kasih.
Hotline : Call, SMS, WA : 0858 7997 8991 / 0822 1176 1557