Wednesday 8 June 2016

Memilih produk dan merk Panel surya terbaik

Panel Surya, Seorang kawan yang saya kenal melalui Blog ini sempat mengirimkan email bertanya perihal performa serta studi perbandingan tipe tipe sel matahari yang ada pada pasaran. Sayangnya aku  sendiri ketika itu belum memiliki informasi yang dia butuhkan. Aku  sendiri melupakan gosip tadi yang sejatinya sangat penting di Blog ini, terutama buat para calon pengguna atau calon pengusaha sel surya di Indonesia. Mengingat benar-benar banyaknya merek sel surya pada pasaran, baik yang ‘built in” atau yang jenis “rakitan” . Saya katakan demikian karena sel surya ini telah tumbuh serta berkembang menjadi sebuah industri dengan skalabanyak sekali , baik itu skala mungil-menengah atau skala besar  yg melibatkan jaringan global.

Benar  Bila bisa dikatakan bahwa insutri sel surya tengah menggeliat. Menggunakan dukungan pemerintah negara setempat dalam bentuk fasilitas fiskal maupun peraturan lain pada bingkai kebijakan energi terbaharukan, industri sel mentari  ketika ini tidak hanya diramaikan oleh industri-industri raksasa semisal, BP Solar (anak perusahaan BP -British Petroleum), atau Shell Solar (anak perusahaan minyak Shell), atau Sanyo Electrics. Ketika ini industri sel mentari  jua tengah merambah industri mungil menengah yang mempu merakit, memasang serta memasarkan sendiri sel suryanya. Menjadi contoh, pada Korea Selatan sendiri sudah poly berkembang industri mungil menengah yg menghasilkan sel matahari buat apliaksi perumahan serta fasilitas umum .

Yang dimaksud menggunakan industri kecil-menengah ini adalah industri yang relatif dilakoni oleh kurang dari 50 pegawai saja dan  menghasilkan sekian sel matahari yg volume produksinya dikonversi menggunakan sekian kilo-Watt per tahunnya. Umumnya, industri keci-menengah sel mentari  ini mendapatkan pesann asal perusahaan-perusahaan akbar buat membentuk beberapa komponen sel matahari, juga merakitnya sendiri dengan melabelinya menggunakan brand sendiri tentunya. Disparitas industri sel mentari  kecil-menengah menggunakan industri besar  sel mentari  merupakan terdapat di jumlah volume produksi sel mentari  per tahunnya. Industri besar  umumnya menghasilkan sel surya setara dengan sekian Mega-Watt pertahun.

Menggunakan makin maraknya sel mentari  di pasaran, baik asal segi berasal negara, Produsen maupun jenis sel mentari  silikonnya, maka info berkaitan dengan spesifikasi teknis maupun performa sel mentari  silikon sebagai beralasan, mengingat konsumen sel matahari pasti sangat membutuhkan spesifikasi maupun taraf efisiensi sel mentari  yang paling baik dan  yang paling berpotensi mendatangkan keuntungan.

Well, justru kawan tesebutlah yang beberapa hari lalu memberitahu saya bahwa ada sebuah link indah buat keperluan menjejaki sel matahari silikon apa yg terbaik sekaligus melihat-lihat pembuat dan  brand-nya. Ii bermanfaat sekedar untuk perbandingan serta gambaran awal waktu hendak membeli sel surya.


Ada satu merk dengan harga yang menurut saya terbilang cukup murah sekitar 12.000 per WP nya. Namanya GH Solar, Pabrikan dari China ini sudah mengantongi standar ISO dari TUV Rheinland hingga menurut saya patut dijadikan pilihan dalam menggunakannya dalam konversi listrik tenaga surya anda.