Tuesday 21 May 2019

Energi Alternatif di Sekitar Kita

Energy yakni sesuatu yang memang amat diperlukan manusia, tenaga diaplikasikan dalam bermacam-macam ragam hal, seperti salah satunya listrik. Listrik yang kita kenal didapatkan dari diesel yang mengunakan bahan bakar minyak bumi dan batu bara, meski persediaanya amat terbatas dan sudah diprediksi oleh para spesialis geologis dan geofisika bahwa minyak bumi dan batu bara akan habis dalam kurun waktu 30-50 tahun kedepan. Nah, sebab itu telaah banyak ilmuan yang menemukan sistem untuk mendapat tenaga opsi penghasil listrik, seperti isu berikut: 

1. Matahari

Energi surya atau matahari yakni sumber energi paling kuat dan paling besar persediaanya. Cahaya matahari bisa digunakan untuk pencahayaan, pembangkit listrik, pemanas air, dan beraneka proses industri. Surya bisa digunakan untuk menciptakan listrik dengan bantuan panel surya yang bisa mengolah energi panas matahari menjadi listrik. Tapi, energi listrik menjadi tergantung dengan situasi cuaca.

2. Methanol


Methanol yang juga diketahui sebagai alkohol kayu bisa menjadi tenaga opsi pada kendaraan. Methanol bisa menjadi tenaga opsi yang penting di masa depan sebab hidrogen yang dijadikan bisa menjadi tenaga juga. Melainkan, sayangnya kini ini produsen kendaraan tak lagi memakai methanol sebagai bahan bakar

3. Piezoelektrik 

Yaitu cara yang bisa merubah gaya mekanik, secara khusus gaya tekanan menjadi daya listrik. Piezoelektrik ini umumnya diterapkan untuk mewujudkan listrik di daerah-daerah biasa seperti seumpama stasiun kereta di Jepang dan Disco House di London. Jadi piezoelektrik ini mengunakan gaya tekanan yang dibuat oleh manusia itu sendiri yang bisa diterapkan untuk memenuhi keperluan listrik di zona hal yang demikian. Melainkan sayangnya pengaplikasian daya piezoelektrik belum sepenuhnya dipakai di dunia.

4. BIODIESEL


Biodiesel ialah daya yang berasal dari tumbuhan atau lemak hewan. Biodesel yang murni atau campuran bisa dipakai sebagai daya untuk menggerakan kendaraan. Biodiesel sanggup mengurangi polusi yang ada, akan melainkan terbatasnya produk dan infrastruktur menjadi problem pada sumber daya ini.

5. Propana 

atau yang umum diketahui dengan LPG yakni produk dari pengolahan gas alam dan minyak mentah. Sumber kekuatan ini telah banyak diterapkan sebagai bahan bakar. Propana menciptakan polusi lebih sedikit diperbandingkan bensin, melainkan penciptaan metananya lebih buruk 21 kali lipat yang bisa menyebabkan meningkatnya efek rumah kaca.

6, Gas alam 

telah banyak diaplikasikan di beraneka negara yang umumnya untuk bidang yang cukup besar seperti properti dan bisnis. Kalau diaplikasikan untuk kendaraan, polusi yang dikeluarkan akan lebih ramah lingkungan diperbandingkan dengan minyak. Akan tapi, efek rumah kaca yang dihasilkannya 21 kali lebih buruk, sebab metana yang dijadikan tenaga gas alam hal yang demikian.














7. ETHANOL


Ialah bahan bakar yang berbasis alkohol dari fermentasi tanaman, seperti jagung dan gandum. Bahan bakar ini bisa dicampur dengan bensin untuk meningkatkan kadar oktan dan kwalitas emisi. Tapi, ethanol mempunyai akibat negatif kepada harga pangan dan ketersediannya.

8. Gelombang Air Laut

Lautan menyediakan sebagian wujud kekuatan terbarukan, dan masing-masing didukung oleh tenaga yang berbeda. Kekuatan dari gelombang laut dan pasang surut bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan listrik, dan kekuatan termal laut dari panas yang tersimpan dalam air laut bisa juga diubah menjadi listrik. Meski pada masa kini, kekuatan laut membutuhkan teknologi yang mahal diperbandingkan dengan sumber kekuatan terbarukan lainnya, kecuali itu kekuatan yang dibuat oleh gelombang air laut cuma dapat diaplikasikan di sekitar tempat laut saja. Melainkan laut konsisten penting sebagai sumber kekuatan potensial untuk masa depan.

9. Panas Bumi

Panas di dalam bumi menciptakan uap dan air panas yang bisa diterapkan untuk pembangkit listrik dan menciptakan listrik atau untuk aplikasi lain, seperti pemanasan rumah dan pembangkit listrik untuk industri. Daya panas bumi bisa ditarik dari waduk bawah tanah dengan pengeboran, atau dari reservoir panas bumi yang berlokasi lebih dekat ke permukaan. Melainkan, tentu saja ini memelukan teknologi yang mahal.


10. HIDROGEN


Gas hidrogen mempunyai potensi yang luar umum sebagai sumber bahan bakar dan daya, namun teknologi yang diperlukan untuk menciptakan potensi ini masih dalam tahap permulaan. Hidrogen merupakan unsur paling awam di bumi. Air adalah dua-pertiga komponen dari hidrogen, namun hidrogen di alam senantiasa ditemukan dalam kombinasi dengan elemen lainnya. Sesudah dipisahkan dari elemen-elemen lain, hidrogen bisa dipakai untuk menggerakkan kendaraan, menggantikan gas alam untuk pemanasan dan memasak, dan untuk menjadikan listrik.  Hidrogen bisa dicampur dengan gas alam dan menghasilkan bahan bakar untuk kendaraan. Hidrogen juga dipakai pada kendaraan yang mengaplikasikan listrik sebagai bahan bakarnya. Meski seperti itu, harga untuk penerapan hidrogen masih relatif mahal.


11, BIOMASSA


Kayu masih yakni sumber yang paling lazim dari daya biomassa, namun sumber-sumber lain dari daya biomassa mencakup tanaman pangan, rumput,, limbah pertanian dan kehutanan, residu, bagian organik dari limbah kota dan industri, malah gas metana dari daerah pembuangan sampah. Biomassa bisa diaplikasikan untuk menciptakan listrik, sebagai bahan bakar untuk transportasi dan sebagainya. Tapi, tentu biomassa akan menciptakan daya listrik yang beraroma tak enak.


12. Angin 

Yaitu gerakan udara yang terjadi saat terdapat udara hangat dan udara dingin. Kekuatan angin sudah dipakai selama berabad-abad untuk kapal layar dan kincir angin untuk menggiling gandum. Ketika ini, tenaga angin dipakai sebagai pembangkit listrik dengan turbin angin. Kekuatan angin amat tergantung dengan situasi angin.


13, Hydropower 

Air yang mengalir dari hulu ke hilir. Daya hydropower betul-betul bertumpu dengan curah hujan. Seperti yang kita kenal, panas sang surya menyebabkan air di danau dan lautan menguap dan menyusun awan. Air kemudian jatuh kembali ke bumi sebagai hujan atau salju, dan mengalir ke sungai dan sungai yang mengalir kembali ke laut. Air yang mengalir ini bisa diaplikasikan untuk memutar turbin yang menyokong pengerjaan mekanis untuk memutar generator yang bisa menjadikan listrik.